#1 Universitas Kehidupan: Melihat Kekurangan sebagai Mata Kuliah yang Dikontrak part. I

Tung desem Waringin dalam kuliah melalui audio motivasinya mengatakan bahwa kenikmatan adalah relatif. Sehingga hal ini bertitik letak bukan pada masalah apa yang di dapat, tetapi kepada bagaimana kita mendapatkan atau menerima masalah tersebut.

Hal ini sejatinya dapat dikorelasikan dengan kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam diri kita. Sebagian besar orang menganggap bahwa kelebihan adalah suatu anugerah dan kekurangan adalah sebuah bentuk ketidakpercayaan Tuhan kepadanya. Sehingga, mereka yng memilki kelebihan akan terus merasa percaya diri dan sukses sedangkan mereka yang fokus pada kekurangan hanya akan menjadi manusia kosong yang bekerja dengan meratapi nasibnya.

Sebenarnya, ini adalah pemahaman yang salah. Terutama tentang konsep kekurangan yang terdapat dalam diri seorang manusia. Ingat Sahabat, bahwa manusia yang sempurna bukanlah mereka yang tidak pernah melakukan dosa, tetapi adalah mereka yang senantiasa kembali ke jalan Allah dan bersegera untuk melaksanakan taubatan Nasuha. Dari hal tersebut bahwa kekurangan atau kesalahan adalah sebuah kealamiahan yang ada pada diri manusia.

Sahabat,
Manusia sebenarnya lahir ke dunia ini dengan dua macam kelebihan. kelebihan yang pertama adalah suatu kelebihan yang telah disediakan oleh Tuhan sebagai MODAL dan mereka yang mendapatkannya wajib untuk mempertahankan dan meningkatkan. Kelebihan ini bersifat lahiriah atau terlihat semenjak kecil.
Kelebihan yang kedua adalah suatu kelebihan yang disediakan NANTI oleh Tuhan dan mereka yang ingin mendapatkannya harus berjuang dan berusaha untuk mengatasi tantangan yang disediakan Tuhan. Kelebihan yang kedua inilah yang terkadang kita sebut dengan 'kekurangan' .

Sehingga dalam artikel ini dua kunci utama yang harus kita fahami adalah:
Kelebihan memiliki dua macam,
1. Kelebihan yang harus dipertahankan (Anda akan sangat mudah menyebutkan kelebihan ini);
2. Kelebihan yang harus diperjuangkan (Anda harus mencari dan mendalami kekurangan Anda saat ini).

Bagaimana konsepsi dua kelebihan ini menjadi mata kuliah yang di kontrak dalam Universitas Kehidupan?
Tunggu dalam artikel Selanjutnya.

Salam Inspirasi,
ZEAL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran Terpadu: Connected (Keterhubungan)

Semakin Belajar, Semakin Tidak Tahu

Ekosistem dan Komponen-komponennya